Sunday, November 4, 2018

Konfigurasi File Management Task di FSRM

     File Management Task merupakan fitur yang terdapat FSRM yang berfungsi mengontrol data pada hardisk. Dimana Admin dapat menentukan jadwal untuk memindahkan data yang sudah melewati batas waktu ke folder lain agar tidak memenuhin kapasitan hardisk yang di peruntukan server. Jadwal dapat admin atur dengan pilihan mingguan atau bulanan dan jam dengan harinya. Admin juga dapat mengatur file yang akan di pindahkan seperti data yang baru di buat, data yang terakhir di modifikasi dan data yang terakhir di akses.
     Untuk lebih jelasnya, langsung saja kita praktekan pada Windows Server 2016.....

Langkah-Langkah


Seperti biasa, kalian buka terlebih dahulu File Server Resource Manager yang terdapat pada tools.


Kemudian kita dapat membuat File management task dengan cara klik pada opsi File Management Task. Kemudian klik kanan dan buat rules baru.


Disini kalian bisa mengisikan Task name dan Description sesuai keinginan kalian. Saya hanya mengisikan task name saja karena description hanya optional. selanjutnya kalian klik Scope.


Pada tab Scope kita masukkan folder yang ingin kita beri rules. Disini saya membuat rules untuk folder yang saya jadikan sebagai tempat File Sharing, karena dalam sebuah File sharing terkadang banyak file yang sudah lama dan sudah tidak terpakai lagi. Kemudian kita lanjutkan ke tab Action.


Pada tab Action. Kita masukkan folder tujuan dari file-file yang akan di pindahkan dari Folder FRSM. Jika sudah Kita menuju Notification.




Pada tab Notification. Kita dapat menggunakan Email, dengan syarat server yang kita gunakan sudah di konfigurasi SMTP, disini saya menggunakan email namun SMTP belum saya konfigurasi, jadi tidak ada Email masuk mengenai File Management Task. Nah karena saya belum konfig SMTP, Saya membuat notif dari Event log saja. Selanjutnya kita ke tab Report.


Pada tab Report. Kita membuat file laporan dari beberapa pilihan jenis file. Mulai dari DHTM, HTML,XML,CSV dan Text. Disini saya memilih jenis file HTML dan DHTML yang dapat di buka pada web browser. Jika sudah kita ke tab Condition.


Pada tad Condition. Kita dapat memilah file-file dengan kondisi tertentu.Misalnya kita ingin memindahkan file yang sudah dibuat sejak setahun yang lalu ke file expirednya, maka kita atur pada days since file was created kita buat 365, dan sisanya kita unceklis saja. Maka secara otomatis, server akan memindahkan file-file yang berusia lebih dari 365 hari. selanjutnya kita menuju tab Schedule


Pada tab Schedule. Kita dapat mengatur jadwal File Management Task akan dilakukan pada jam,hari dan kita atur mingguan atau bulanan. Jika sudah Klik OK.


Pembuktian


Caranya adalah klik kanan pada scope yang sudah dibuat. Lalu klik Run File Management Task Now...



Jika FMT sudah berjalan, maka file yang tadinya di folder FRSM akan pindah ke folder File Purge.



Dan kita dapat melihatnya pada Event Viewer, kemudian Windows Logs, Aplication. Maka akan terlihat sebuah informasi mengenai File Management Task.

0 comments:

Post a Comment