Tuesday, October 16, 2018

Konfigurasi Quota Management Pada FSRM

     Quota Management Merupakan salah satu fitur yang tidak ada pada FTP. Di fitur ini kalian bisa membuat limit kapasitas pada sebuah destination folder. Quota management dibagi menjadi dua jenis, yaitu : 
  • Hard Quota : Jika rule di atur Hard Quota maka ketika kita melebihi batas kapasitas yang telah ditentukan, Server akan mengeluarkan Peringatan bahwa kapasitas hardisk sudah tidak mencukupi.
  • Soft Quota  : Jika rule di atur Soft Quota server akan tetap memperbolehkan File terkirim walaupun sudah melebihi limit yang dibuat. Karena Soft Quota memiliki patokan limit ke kapasitas real suatu hardisk.
 Konfigurasi Quota Management

Kalian Buka FRSM terlebih dahulu. Caranya adalaha Klik Tools kemudian klik FSRM




Kalian buka FRSM terlebih dahulu caranya adalah Klik Tools lalu pilih FRSM


Kemudian Klik Quota management



Pertama kita buat Quota Tamplates. Klik Quota Tamplates



Kemudian klik kanan kemudian pilih Create Quota Template



Lalu Kta dapat membuat rulesnya. Untuk Tampaltes Name Bisa di isi Terserah kalian. Kemudian space limit bisa di set sampai TeraByte. kemudian kalian pilih tipe quota. Disini saya membuat space limit hanya 100kb karena hanya untuk percobaan. Jika sudah Klik OK.


Jika sudah, maka akan ada templates yang tadi kita buat.

Kemudian kita harus membuat Quota agar bisa aktif di folder yang kalian inginkan


Lalu Klik Create Quota


Pada Quota Path klik browse lalu arahkan ke folder yang ingin diberi rules. Kemudian pilih quota templatesnya yang tadi sudah di buat. Jika sudah Klik Create


Maka akan ada Quota Path yang tadi di buat.

Membuat Permission Folder


Klik kanan folder yang akan di berikan izin untuk di share. Kemudian klik Properties


Maka akan terbuka wizard. Kemudian Klik Sharing


Kemudian akan terbuka wizard Advanced Sharing. Kemudian Klik Permissions.


Lalu Klik Add untuk menambahkan user Administrator


Masukkan Administrator pada object name. Klik OK


Pada user Administrator ceklis Full Control Agar dapat mengupload dan mendownload di FSRM.

Akses Melalui Client 


Cara masuk FRSM di Client hampir sama dengan FTP, Namun untuk FSRM tidak memerlukan FTP:\\. Jadi cukup memasukkan \\(IP Server Kalian).


Inilah Bukti Jika Quota yang tadi sudah di buat, Sudah aktif.

Contoh Permasalahan

     Sebuah Perusahaan memilii file server yang dingunakan sebagai penyimpanan Data Seluruhnya Proyeknya. Setelah beberapa bulan ternyata penyimpanan sudah penuh dan membuat Server Tersebut Kehabisan tempat penyimpaan. Bagaimana Cara Menyelesaikan Permasalahan Tersebut?

Inilah salah satu permasalahan yang bisa diatasi dengan fitur Quota Management. Disini kita bisa membuat sebuah Rules agar penyimpanan di server tetap memiliki kapasitas yang tersedia. Berikut adalah Konfigurasinya...


Kita harus membuat Quota Tamplates terlebih dahulu. Misalnya kita beri nama Batas Pak Bos dan Pak bos menginginkan limit pada folder yang di sharing adalah 100MB. Nah pilih tipe Quota nya yang Hard Quota karena kita menginginkan apabila file-file sudah mencapai limit dari folder yang kita sharing, maka jika ada yang ingin mengirim file lagi server akan segera menolaknya dengan memberikan peringatan Kapasitas hardisk sudah tidak mencukupi. Jika sudah Klik Ok


Jika sudah, Maka akan muncul Templates baru.


Kemudian kita buat Quota nya. Arahkan ke path yang bos inginkan. Disini Bos saya menginginkan filenya Ditempatkan di file FSRM. Setelah itu arahkan Quota tamplatesnya ke tamplates yang sudah kita buat sebelumnya. Kemudian Klik Create.




Pembuktiannya adalah Jika Kapasitas sudah full atau Seorang Karyawan mengirim File lebih dari 100MB maka Akan ada peringatan Seperti gambar di atas

0 comments:

Post a Comment