Monday, August 27, 2018

Konfigurasi WEP dan WPA/PSK

Setiap Wireless device merupakan perangkat yang dapat di akses dengan mudah, apabila tidak memiliki keamanan yang memumpuni. Oleh karena itu, kalian dapat membuat beberapa metode keamanan untuk jaringan nirkabel kalian. Disini saya akan memberikan Tutorial bagaimana cara membuat keamanan pada AP mikrotik RB941-2nd.

  • Metode WEP

Cara membuatnya adalah kalian klik wireless kemudian Security Profiles dan Klik +. Maka kalian harus mengganti mode Dynamic keys menjadi static keys. Kemudian kalian Klik Static Keys Required untuk mengatur dan menambahkan passwordnya. apabila sudah selesai kalian bisa klik Static Keys untuk memasukkan Password.




Metode ini sudah jarang sekali dipakai, karena sangat rentan di bobol oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab. WEP dapat di retas dengan cara sederhana.
  • Metode WPA/PSK


Untuk metode ini merupakan yang paling sering di temukan. Karena sistem keamanan ini lebih aman dari metode WEP. Yang masih dapat diretas dengan mudah.Cara membuat sistem keamanan ini adalah sama seperti WEP. Kita memulainya di security profiles yang terdapat di wireless table. Namun, kali ini kita menggunakan dynamic keys kemudian kita ceklis WPA PSK dan WPA2 PSK. Kemudian Kalian masukkan passwordnya. Apabila sudah klik Apply dan Oke.



Kemudian kita dapat terapkan pada PTMP dan PTP dengan syarat Security Profiles pada AP dan Station harus serupa. Apabila tidak serupa mereka tidak akan terkoneksi.

Demikian Tutorial Dari Saya Terima Kasih.

0 comments:

Post a Comment